Normalisasi Sungai Depan Balai Desa (Rt 10 Rw 01)

Salah satu upaya pencegahan terhadap bencana banjir, adalah dengan mengadakan kegiatan normalisasi sungai-sungai yang memang menjadi penghambat laju air di waktu hujan.

Sungai-sungai utama yang berada di wilayah desa wanusobo sudah mencapai titik kedangkalan. diantara sungai-sungai yang berada di desa wanusobo adalah sungai Kali Judak Rt 06 Rw 02, sungai Brogo – Jondang, dan Sungai Karang Malang. oleh karena itu dibutuhkan segera normalisasi sungai.

Di wilayah Rt 10 dukuh Karang Malang tepat nya di depan Balai Desa Wanusobo, keadaan sungai sangat dangkal. mengingat sungai ini adalah jalur utama aliran air pada waktu hujan maka normalisasi adalah program utama dalam menanggulanginya.

dalam program Dana Desa Tahun 2018 ini aturan mengharusnya adalah Padat Karya Tunai yang harus dianggarkan dalam Anggaran Desa. padat karya tunai ini mengharuskan kegiatan desa dilaksanakan dengan kegiatan yang mengoptimalkan penduduk di daerah masing-masing dengan meminimalkan kegiatan sewa alat berat.

normalisasi yang berada di sungai depan Balai Desa ini dikerjakan dengan manual, artinya dengan tenaga manusia untuk memperdalam sungai.

kegiatan tersebut berjalan sekitar 1 bulan. kegiatan dilaksanakan oleh TPK desa dari warga sekitar.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan